Tips Traveling Keluar Negeri Anti-boros dan Anti-ribet

Ilustrasi keluarga sedang traveling keluar negeri Ilustrasi keluarga sedang traveling keluar negeri

Setelah dua tahun pandemi Covid di seluruh dunia, kini perjalanan keluar negeri kembali dibuka. Sebagian besar negara sudah melonggarkan aturan bagi para pengunjung dan wisatawan yang ingin masuk ke sebuah negara dengan mencabut aturan PCR dan sebagainya. Syarat yang dibutuhkan hanya bukti sudah melakukan vaksin kedua atau ketiga (booster). Masyarakat Indonesia memiliki destinasi luar negeri yang populer dan sering menjadi tujuan untuk liburan. Studi Global Travel Intentions 2021 telah memberikan data ada 6 tujuan wisata luar negeri yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia yaitu Korea Selatan, Amerika Serikat, Malaysia, Jepang dan Singapura. Diantara 6 negara tersebut hanya Jepang yang belum mencabut syarat PCR bagi yang ingin memasuki negaranya.Berdasarkan studi itu juga dia mengatakan bahwa 21% orang ingin melakukan perjalan dengan anti ribet. Sedangkan 48% orang ingin berlibur untuk menenangkan pikiran. Dan 25% orang melakukan perjalanan dengan berbagai pertimbangan kesehatan dan keselamatan.

Ada lima tips bagi para wisatawan yang ingin melakukan perjalanan dengan tujuan mancanegara anti ribet. Yuk disimak :

1. Menentukan negara tujuan

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan untuk menentukan terlebih dahulu negara mana yang akan dituju. Bukan hanya negara mana yang ingin dituju tetapi juga sudah menentukan wisata apa yang akan dikunjungi di negara tersebut.

Sebagai contoh jika kalian ingin melakukan perjalanan berkelas, maka pilihlah negara dengan hotel, restoran, dan tempat wisata yang menawarkan kesan elegan. Namun, jika kalian ingin menikmati pemandangan alam yang ada di suatu negara, pilih negara yang memiliki tempat wisata yang banyak menawarkan keindahan alam.

2. Buat Itinerary Perjalanan

Itinerary perjalanan sama dengan rincian perjalanan seperti rincian tempat yang akan dikunjungi. Contoh dalam membuat itinerary yaitu dengan mengetahui ketentuan apa saja yang berlaku di negara tujuan. Lalu, mencari wisata unggulan dan rencana liburanmu dengan tujuan wisata yang sudah di list.

Setelah pandemi ini, banyak wisatawan yang memilih untuk berlibur jangka panjang setelah dua tahun diharuskan menghabiskan waktu lebih banyak dirumah. Maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan anda harus benar-benar mempersiapkan perjalanan dengan membuat itinerary perjalanan agar saat sudah sampai tidak menghabiskan waktu liburan dengan mencari informasi tempat dan sebagainya.

3. Bawa Barang Secukupnya

Nah, tips ketiga untuk melakukan perjalanan anti ribet adalah dengan membawa barang secukupnya atau seperlunya. Untuk pakaian disarankan membawa pakaian yang dapat menyerap keringat dan cepat kering karena untuk memudahkan jika pakaian terkena hujan. Jangan lupa untuk membawa alas kaki yang nyaman digunakan untuk berjalan. Bawalah satu atau dua pasang saja sudah cukup untuk digunakan saat berlibur di negeri orang. Untuk menghemat isi koper, kamu dapat membaha handuk yang berukuran kecil saja. Bawalah perlengkapan mandi dan makeup dengan ukuran kecil sehingga tidak banyak memakan tempat.

4. Pesan Tiket  Akomodasi Secara online

Pandemi Covid juga banyak mengajarkan kita untuk terus update dengan dunia digital yaitu dengan memesan sesuatu secara online, termasuk untuk memesan akomodasi perjalanan yang bisa juga di pesan secara online. Anda dapat memanfaatkannya dengan baik sehingga untuk sampai di tempat tujuan anda tidak perlu menunggu atau mengantre dalam memesan tiket akomodasi. Karena kebanyakan tempat akan menyediakan antrian khusus bagi kalian yang memesan secara online. Sebuah keuntungan bukan ? 

5. Siapkan alat pembayaran yang mudah

Para wisatawan biasanya akan menukarkan uang sebagai alat transaksi. Cara tersebut adalah cara paling mudah yang dilakukan untuk bertransaksi di negeri orang. Namun, seiring perkembangan teknologi, banyak metode pembayaran yang menggunakan QR atau kartu untuk menghindari banyaknya sentuhan. Metode pembayaran dengan kartu ini sudah menjadi kebiasaan yang dapat mempermudah karena tidak diperlukannya kembalian uang dan jauh lebih aman untuk digunakan. Bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Yang terpenting kartu tersebut ada isi nya ya.

Nah, mungkin itu beberapa tips yang dapat diterapkan jika kalian ingin bepergian atau berwisata ke luar negeri tanpa ribet. Siapkan segala sesuatu dengan matang agar tidak mempersulit perjalanan atau liburan kalian. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ya.