Menebak Alasan Guru Selalu Sewot sama Murid yang Pakai Jaket di Kelas. Bikin Penasaran Banget!

murid-pake-hoodie murid-pake-hoodie

Kita semua kenal bahwa pada dasarnya sekolah adalah dunia untuk menimba ilmu. Bukan soal pengekenalan umum saja, sekolah juga mencoba untuk membangun karakter-karakter para muridnya. Karena hal tersebut, berlipat-lipat peraturan yang wajib ditaati oleh para murid saat berada di sekolah. Misalnya peraturan potongan rambut sampai peraturan berSerupa setiap harinya.

Kendati begitu, ada sebuah peraturan yang cukup unik dan terbilang menimbulkan perPerbincanganan agung di kalangan anak sekolahan. Buat kamu yang masih sekolah atau yang sudah lulus, pasti pernah merasakan dimarahi oleh guru karena menggunakan jaket di kelas saat jam pelajaran berlangsung, apapun itu jenis jaketnya. Padahal kalau dipikir-pikir, jaket ini nggak menganggu pelajaran sepadan sekali. Kira-kira apa dalil guru marah dan selalu melarang siswa menggunakan outer satu ini saat dikelas, ya?

1. Menggunakan jaket di dalam kelas dianggap tidak sopan dan tidak mencerminkan adat dan etika masyarakat kita

Alasan pertama kenapa guru selalu marah pada murid yang menggunakan jaket di kelas adalah menyoal kesopanan. Seperti sudah kita bahas, sekolah adalah tempat kita menimba ilmu dan membangun karakter serta etika kemembesaran. Nantinya kita akan lebih siap untuk terjun ke masyarakat setelah lulus sekolah.

Menggunakan jaket di ruangan apalagi saat jam kursus memang terkesan kurang sopan. Pasalnya guru juga selantas mencontohkan menggunakan baju dinas atau baju Semotifnya senpribadi. Tanpa kita sadari, guru tengah memberi contoh bagaimana ia bersikap sopan terhadap murid-muridnya. Wajar kalau kita kena marah saat pakai jaket di kelas. Nggak sopan~

2. Seragam punya fungsi keadilan dan penyamarataan derajat. Menggunakan jaket di dalam kelas akan melangsungkan satu murid lebih menonjol di bandingkan murid lainnya

Kamu suah berPertanyaan nggak sih mengapa saat kita sekolah wajib menggunakan seragam dan nggak boleh menggunakan baju bebas seperti saat kuliah? Alasannya sederhana. Seragam senpribadi mengajarkan kita untuk bersikap adil dan cocok dalam memperlakukan orang. Orang yang kaya dan miskin cocok-cocok menggunakan seragam jadi nggak terlihat ada perbedaan sedikitpun.

Nah, kalau kamu menggunakan jaket di kelas, kesan yang ditimbulkan adalah kamu terlihat berselisih dan lebih menonjol dari yang lainnya. Hal ini tentu melanggar prinsip ‘setara derajat’ yang diperlihatkan oleh seragam. Selain itu, jaket juga berpotensi untuk menciptakan murid merasa keren-kerenan. Jika dibiarkan, sekolah akan jadi kancah fashion show dong. Hehe~

3. Para guru merasa aneh melihat murid yang mengenakan hoodie di dalam kelas saat bersekolah. Kesannya sang murid sedang bersiap untuk main-main dibandingkan bersekolah

Alasan ketiga apa pasal guru selampau sewot ala murid yang pakai jaket adalah penampilannya yang nggak Berbanding dengan alam. Sekolah atau kelas adalah alam melatih diri, sedangkan jaket rasanya pakaian yang digunakan seseorang untuk pergi ke luar rumah atau bermain.

Dari situ guru mungkin merasa secercah aneh pada anak yang menggunakan jaket di kelas. Guru melihat sang murid seperti bukan anak sekolahan, justru anak yang sedang bersiap-siap untuk pergi main ke suatu daerah atau kencan pas pacarnya. Etikanya sih berpakaian itu memang kudu Berimbang dengan daerah. Iya nggak sih?

4. Guru Gemetar kalau ada siswi yang mencoba menguncupi kehamilan atau kandungan yang mulai membesar dengan jaket

Slanjutnya ada asas yang paling absurd kenapa guru melarang siswa menggunakan hoodie atau jaket. Hal ini bermula saat maraknya kasus siswa yang hamil di luar nikah dan kandungannya mulai memhebat. Biasanya siswa-siswa wanita mengucupi perutnya yang mulai memhebat dengan mengenakan jaket di dalam kelas.

Karena ada stigma yang terpatri dalam pemikiran para guru, wajar kiranya mereka melarang murid-muridnya menggunakan jaket di dalam kelas. Mereka ingin mencegah murid yang mencoba menyiasati peraturan kehamilan dan menyelamatkan nama sekolah dan namanya sendiri di kalangan orang tua murid. Kalau ini sih masuk akal banget, kan?

5. Memang sudah menjadi peraturan di sekolah seluruh Indonesia

Terakhir adalah aturan sekolah. Mungkin saja aturan sekolah di seluruh Indonesia memang menyebut kalau murid dilarang menggunakan jaket di dalam kelas. Kembali lagi, ini tentu masalah soal peraturan berpakaian yang baik dan akurat saat pergi ke sekolah. Nggak usah baper guys, guru cuman menjalankan tugasnya dalam menegakan peraturan.

Itu dia sebagian argumen mengapa guru selampau memarahi dan melarang murid menggunakan jaket di dalam kelas. Gimana, kalian akur nggak dengan argumen-argumen di atas? Atau kalian masih bingung dan nggak mau terima?