18 Makanan Sehat Untuk Diet dan Alami

Ilustrasi makan sehat untuk diet Ilustrasi makan sehat untuk diet

Menjaga berat badan agar tetap badan kamu ideal membutuhkan menu makanan sehat. Para Ahli telah membuktikan jika konsumsi makanan sehat bisa menurunkan berat badan secara alami. Jika kamu sedang menjalani diet sehat, lakukan olahraga rutin dan pilih makanan sehat. Perhatikan makanan yang harus dihindari saat diet seperti makanan cepat saji, lemak daging, jeroan, coklat, susu, minuman mengandung gula tinggi, dan ikan yang digoreng mengandung kalori tinggi.

Berikut jenis makanan untuk menu diet sehat dan alami yang telah dirangkum dari berbagai macam sumber.

1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, sawi, dan lobak baik untuk menu diet sehat. Sayuran hijau mengandung senyawa untuk meningkatkan serat untuk rasa kenyang dan meredakan nafsu makan berlebih.

2. Ikan Salmon

Salmon mengandung protein dan asam lemak omega-3. Protein baik untuk sumber energi, sementara asam lemak omega-3 bisa mencegah peradangan dan obesitas.

3. Dada Ayam

Daging merah dan dada ayam mengandung zat besi dan protein tinggi. Anda bisa memasak dada ayam tanpa kulit dan daging merah untuk menu diet. Bagian dada ayam mengandung sedikit lemak jenuh dibanding daging ayam lainnya.

4. Telur Ayam Rebus

Telur rebus baik untuk diet kaya akan kandungan vitamin dan protein. Telur kaya nutrisi seperti vitamin D dan kolin pada kuning telur. Sementara itu putih telur mengandung 4-6 gram protein untuk sumber energi.

5. Daging Sapi

Daging sapi tanpa lemak mengandung protein dan zat besi baik untuk tubuh. Bagian tanpa lemak ini baik untuk diet rendah karbohidrat

6. Daging Domba

Ternyata daging domba baik untuk menu diet karena mengandung asam lemak tak jenuh. Tetapi hanya bagian dagingnya saja ya dan tanpa lemak.

7. Umbi-umbian Rebus

Sayuran sejenis kentang dan umbi-umbian mengandung karbohidrat sebagai menu diet sehat. Kentang rebus mengandung kalium yang berperan menjaga tekanan daarah tetap stabil.

8. Ikan Tuna

Daging ikan tuna mengandung lemak sehat dan protein yang baik untuk jantung. Selain itu, daging ikan ini bisa menyehatkan mata dan otak.

9. Bawang Putih

Bawang putih dipakai untuk bumbu dapur sebagai penambah rasa dalam makanan. Bawang putih termasuk umbi-umbian yang masih satu keluarga dengan daun bawang dan bawang merah. Manfaat bawang ini menyehatkan untuk jantung, mengendalikan tekanan darah, dan mengatasi jerawat.

10. Kacang Panjang

Kacang panjang biasanya dimasak untuk tumis sayur dan sup. Kacang panjang ini mengandung vitamin, magnesium, dan zat besi yang baik untuk tubuh. Jenis kacang ini baik untuk mengatasi depresi, meningkatkan kesehatan tulang, dan mencegah penyakit stroke.

11. Tomat

Tomat bisa disebut sebagai buah dan sayur. Biasanya tomat ditambah dalam sayur sup atau campuran jus buah. Tomat kaya akan antioksidan dan melancarkan pencernaan. Anda bisa mengkonsumsi tomat mentah yang sudah dibersihkan. Tomat mentah bisa menurunkan kadar kolesterol dan membantu proses pencernaan.

12. Sup

Sup mengandung sayuran dan biji-bijian yang baik dikonsumsi untuk menu diet sehat. Sup yang airnya bening mengandung sayuran yang penting untuk tubuh. Anda bisa membuat sayur sup dengan campuran wortel, kentang, kacang, dan lainnya untuk membuat badan sehat.

13. Kacang Merah

Kacang merah mengandung vitamin, serat, dan mineral. Kacang merah baik untuk kesehatan jantung, menu diet, dan menurunkan berat badan.

14. Kacang Lentil

Kacang lentil merupakan biji kacang yang bentuknya mirip kacang hijau. Kacang ini mengandung serat, kalori, protein, dan karbohidrat. Konsumsi kacang lentil baik untuk melancarkan buang air besar, menjaga kesehatan jantung, dan anti peradangan.

15. Kembang Kol, Brokoli, Kubis

Selain kacang-kacangan, protein ada dalam brokoli, kembang kol, dan kubis. Sayuran diatas mengandung protein, serat, dan rendah kalori. Protein ini mengandung senyawa yang bisa menurunkan resiko terkena kanker.

16. Alpukat

Alpukat mengandung serat, vitamin, dan lemak sehat. Selain itu kandungan asam lemak tidak jenuh baik untuk dikonsumsi. Alpukat baik dikonsumsi untuk mencegah rasa lapar dan mengenyangkan tubuh.

17. Cabai Rawit

Cabai biasanya dipakai sebagai bumbu dapur untuk meningkatkan rasa pedas dalam makanan. Ternyata cabai rawit mengandung capsaicin yang baik menurunkan berat badan.

18. Jeruk Bali

Jeruk bali mengandung vitamin, serat, dan nutrisi untuk meningkatkan rasa kenyang. Anda bisa menambah jeruk bali dan sayuran untuk menu diet sehat.

Itulah beberapa ulasan tentang makanan diet sehat dan alami, faktor pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga dan istirahat yang cukup juga mempengaruhi agar diet kamu cepat berhasil. Semoga bermanfaat!